Pacitan – Untuk mendukung terlaksananya Tridharma Pendidikan, Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FKKMK UGM secara rutin mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini, pada 20 Juli 2022, Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FKKMK UGM dan Perdatin Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD), Transportasi dan Stabilisasi untuk Awam di Kecamatan Ajosari, Kabupaten Pacitan. Secara khusus, sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK Kecamatan Ajosari Pacitan. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan mahasiswa KKN PPM UGM Desa Karangsudha, Arjosari, Pacitan.

Kegiatan dipimpin langsung oleh dr. Bhirowo, Sp.An, KAKV selaku staf pengajar Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FKKMK UGM/RSUP Dr Sardjito. Selain itu, turut serta staf pengajar lain yaitu dr. Meta Restu, Sp.An dan dr. Rifdhani Fakhrudin Nur, Sp.An. Peserta didik pendidikan dokter spesialis (residen), yaitu  dr.Irada, dr. Yoki Chandra, dr. Fauzi Agung Nugroho, dr. Jaka Hermawan, dr. Tulus Sihotang, dr. Willy Irawan, dr. M. Syarif Nurdianto, dr. IGNP Mandela, dr. David Ferdiansyah dan dr. Ragil Catur Nugrohojuga juga dilibatkan dalam kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan keberangkatan tim menuju Pacitan dari RSUP dr. Sardjito Yogyakarta pukul 07.00. Tim sampai di Pacitan sekitar pukul 12.30 dan langsung menyiapkan lokasi kegiatan di balai desa Karangsudha, Arjosari, Pacitan.

Acara dimulai pukul 12.30 dengan sambutan dari dr. Bhirowo, Sp.An, KAKV. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Bantun Hidup Dasar (BHD) untuk awam oleh dr. Meta Restu S, Sp.An. Peserta tampak antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh para narasumber.

Setelah materi dari dr. Meta, Sp.An, acara dilanjutkan dengan penjelasan materi mengenai stabilisasi dan transportasi yang dibawakan oleh dr.Bhirowo, Sp.An, KAKV. Tampak peserta dapat memahami materi yang diberikan dengan baik dan mendalam.

Selesainya penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan skill station. Skill station mendukung pembelajaran berbasis simulasi sehingga melatih peserta dalam mempraktikkan teori yang telah diterima sebelumnya. Adapun pada skill station ini, peserta dibagi menjadi 3 kelompok yang diikuti secara bergantian oleh peserta : Pos 1 (Pengenalan dan Penggunaan AED), Pos 2 (Pijat Jantung) dan Pos 3 (Pembidaian, Stabilisasi dan Transportasi).

Setelah acara skill station selesai, acara dilanjutkan dengan tanya jawab.  Acara ditutup dengan pemberian sertifikat dari tim KKN PPM UGM kepada Departemen Anestesi UGM dan sesi foto bersama serta ramah tamah.